Peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November, Akademi Pelayaran Nasional Surakarta menggelar upacara di Lapangan Kampus 2 APN , Senin (12/11/2018) pagi.

Upacara dihadiri Dosen Pengajar, Tenaga kependidikan, dan Taruna/i tingkat I sampai III.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kaprodi Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) yaitu beliau Bapak Supriyanta, S.Si, Kaprodi KPN membacakan amanat dari Menteri Sosial RI yg isinya mengajak seluruh elemen untuk mengenang jasa pahlawan yang telah berani, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pejuang. Peringatan tersebut bukan hanya sebagai sebuah seremonial acara belaka akan tetapi harus sarat makna.

"Harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari hari. Harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai perjuangan dan patriotisme dalam membangun Indonesia" ungkapnya.

Mengambil tema "Semangat Pahlawan di Dadaku" ini mengandung makna bahwa dalam diri setiap insan tertanam nilai kepahlawanan. Sehingga diharapkan dapat berinisiatif mengabdi dengan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

"Oleh karenanya, peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan, mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan," jelasnya.

Terlebih lagi, saat ini dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidangnya.