Print
Category: BERITA
Hits: 690

Taruna-taruni Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta  menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di wilayah Jawa Timur dan Bali. Acara ini dilaksanakan tanggal 25 - 30 Oktober 2021 dan diikuti oleh 110 Taruna serta 6 Dosen pendamping. Kegiatan ini bertujuan mendukung program merdeka belajar kampus merdeka dan untuk lebih menambah wawasan dan  pengetahuan penerapan keilmuan ketatalaksana pelabuhan di lapangan, khususnya dalam lingkup kepelabuhanan.

Kunjungan dimulai di PT Terminal Petikemas Surabaya. Mengingat situasi dan kondisi pandemi Covid-19, pada kunjungan ini hanya sebagian taruna yang dapat mengikuti pemberikan materi di selingi diskusi diisi dengan tanya jawab seputar tentang Prosedur dan Alur Petikemas, dan sebagian taruna mengikuti secara Virtual (daring). Kunjungan selanjutnya mengikuti Virtual Tour di Terminal Teluk Lamong.

Hari kedua kunjungan menuju ke Bea Cukai Tanjung Perak, Kami di sambut oleh Bapak Eko Setyawan selaku Humas, walau hanya sebagian taruna yang dapat mengikuti diberikan materi di dalam ruangan dan sebagian taruna mengikuti secara Virtual (Daring). kunjungan selanjutnya di terminal bongkar muat milik PELINDO III (Persero) yaitu PT Terminal Mirah Nilam, disana kami diantarkan ke dermaga sembari di berikan penjelasan tentang bongkar muat secara langsung. Kunjungan terakhir di hari kedua yaitu di PT Dharma Lautan Utama Surabaya, disana kami diberikan materi tentang penyebrangan penumpang menggunakan kapal laut.

Hari ketiga rombongan mengunjungi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi. Acara dibuka oleh Manager SDM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang yaitu Bapak Oke lalu dilanjutkan dengan diskusi antara Pejabat di lingkungan PT ASDP bersama sebagian Taruna APN Surakarta dan sebagian Taruna Port Visit di pelabuhan Ketapang dengan didampingi Supervisor dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi. Setelah dirasa cukup dalam diskusi acara kunjungan ini ditutup dengan saling bertukar cinderamata.

Hari terakhir dalam kunjungan ini rombongan menghabiskan waktu di pulau bali di temani dengan guide asli bali. Pada hari sabtu jam 10.30 rombongan sampai di Kampus 2 APN Surakarta dengan sehat tanpa ada kendala suatu apapun. Semoga dengan diadakannya kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dalam ilmu kemaritiman bagi taruna APN Surakarta.